Cara Memasak Nasi Dengan Nesting

Nesting adalah alat serba guna yang wajib dibawa oleh para pendaki gunung atau penjelajah alam liar. Kita bisa memasak air, lalu membuat minuman dari air panas dengan nesting. Memasak sayur-sayuran atau bahkan memasak mie instan. Dan satu lagi yang utama yaitu memasak nasi dengan nesting. Nesting terbuat dari alumunium yang tahan panas dan ringan oleh sebab itu mudah dibawa-bawa dan manfaatnya besar. Jika kita berada di puncak gunung yang dingin akan enak sekali jika ada secangkir kopi panas dan gorengan, hmmm. Dengan nesting kita bisa memasak air panas dan membuat segelas kopi panas. Ditambah lagi kita bisa menggoreng juga dengan nesting.



Nasi adalah makanan pokok orang Indonesia. Orang Indonesia tidak kenyang kalau tidak makan nasi, begitu kira-kira istilahnya. Jadi, di puncak gunung maupun di tengah hutan blantara orang Indonesia harus makan nasi.



Berikut cara memasak nasi menggunakan nesting bagi kamu seorang pendaki gunung atau penjelajah rimba,

Peralatan dan bahan yang diperlukan,

  • Nesting komplit
  • Kompor portable
  • Gas
  • Beras
  • Air secukupnya
  • Gelas plastik/aqua kecil
  • Korek api


Langkah-langkah,

  1. Siapkan nesting, dan cuci bersih nasinya, bilas 3-5 kali
  2. Masukkan air dan nasi ke dalam nesting dengan perbandingan 2:1 (jika 2 gelas aqua kecil nasi, maka airnya 1 gelas saja). Sedangkan untuk takaran porsi makan normalnya 1/2 gelas aqua kecil untuk 1 porsi nasi
  3. Masak nasinya dengan estimasi 7-12 menit, gunakan api besar
  4. Setelah itu aduk supaya merata airnya
  5. Lalu keicilkan api
  6. Tunggu nasi sampai matang kira-kira 10-15 menit
  7. Buka tutup nasting dan biarkan uap mengepul dan nasi siap dihidangkan


Nah, nasi sudah siap sekarang tinggal memasak sayurannya atau makanan instan yang perlu dipanaskan. Mudah bukan memasak nasi dengan nesting.

wdcfawqafwef